Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aspek Pengamatan Perilaku Menjaga Kebersihan Lingkungan Di Sekolah


Aspek Pengamatan Perilaku Menjaga Kebersihan Lingkungan Di Sekolah

Susunlah 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah !

Daftar Isi

1. Susunlah 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah !


Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah antara lain sebagai berikut:

Membuang sampah pada tempatnya.Mengurangi penggunaan plastik.Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.

Pembahasan:

Setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan yang bersih sebagai tempat tinggalnya. Lingkungan yang bersih akan membuat penghuninya sehat dan nyaman. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah komponen yang berupa makhluk hidup misalnya tumbuhan dan hewan. Komponen abiotik adalah komponen yang bukan berupa makhluk hidup misalnya tanah, air, dan udara. Komponen biotik dan abiotik saling berhubungan satu sama lain. Manusia harus menjaga lingkungan sekitar dengan baik. Karena lingkungan yang bersih dan sehat membawa kenyamanan dan kesehatan. Sebagai contoh, kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah antara lain sebagai berikut:

Membuang sampah pada tempatnya.Mengurangi penggunaan plastik.Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian lingkungan https://brainly.co.id/tugas/131073Materi tentang pengertian lingkungan biotik https://brainly.co.id/tugas/15586630Materi tentang pengertian lingkungan abiotik https://brainly.co.id/tugas/2568562

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPA

Bab: Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

Kode: 7.4.8

#AyoBelajar

#SPJ2


2. Contoh 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah


Jawaban:

Soal :

Contoh 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah ?

Jawaban:

Saling mengingatkan Memberikan Contoh Kegiatan Bersama Kebersihan Toilet Kebersihan Kelas

Penjelasan:

#SemogaMembantu

#MaafJikaAdaKesalahan


3. 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah, penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert !


Jawaban:

buanglah sampah pada tempatnya jangan buang sampah sembarangan menjaga kebersihan kls dan menjaga kebersihan diri


4. 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert


Jawaban:

membersihkan kls membersihkan linkungan sekolah dan jangan buang sampah sembarangan di sekolah


5. di sekolah. Susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert !​


Jawaban:

baik sm teman.patuh sm guru. disuruh guru mau. bersih bersih.


6. 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dengan menggunakan skala bertingkat model likert


Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dengan menggunakan skala bertingkat model likert antara lain sebagai berikut:

Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.Membuang sampah pada tempatnya.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.Mengurangi penggunaan plastik.

Pembahasan:

Makhluk hidup dan lingkungan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Makhluk hidup tinggal dan hidup dalam lingkungan tertentu. Oleh karena itu, lingkungan yang ada di sekitar kita harus dijaga dan dirawat dengan baik. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah komponen berupa benda hidup contohnya pohon dan hewan. Komponen abiotik adalah komponen bukan berupa makhluk hidup (benda mati) contohnya udara, batu, dan pasir. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dengan menggunakan skala bertingkat model likert antara lain sebagai berikut:

Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.Membuang sampah pada tempatnya.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.Mengurangi penggunaan plastik.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian lingkungan biotik brainly.co.id/tugas/15586630Materi tentang pengertian lingkungan abiotik brainly.co.id/tugas/2568562Materi tentang pengertian lingkungan brainly.co.id/tugas/131073

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPA

Bab: Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

Kode: 7.4.8

#AyoBelajar

#SPJ2


7. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert


Jawaban:

Jawaban:

1. Saling mengingatkan

Jadi ada semacam swakontrol, saling mengawasi dan mengingatkan di antara sesama teman. Hal ini bagus, secara tidak langsung anak-anak digiring pada satu pemahaman bahwa kebersihan sekolah adalah tanggung jawab bersama, dan oleh karena mereka harus saling mewujudkan dan menjaganya.

2. Memberi contoh

Para ibu dan bapak guru harus bisa memberi contoh untuk peduli pada kebersihan lingkungan sekolah, misal dengan kesediaan untuk memungut sampah yang tercecer.

Lakukan itu sambil memberikan arahan kepada anak-anak untuk melakukan hal yang sama. Karena mereka langsung diberikan contoh, tentu mereka akan lebih mudah untuk mengikutinya.

3. Kegiatan bersama

Ajak anak-anak untuk bersama-sama membersihkan ruangan kelas. Anak-anak dapat dibagi menjadi beberapa kelo mpok, dan tiap kelompok bertanggung jawab membersihkan bagian tertentu dari isi kelas. Cara ini akan meningkatkan rasa memiliki mereka pada kelas, harapannya tanpa diminta lagi, mereka akan menjaga kelas agar tetap bersih dan nyaman.

4. Kebersihan toilet.

Toilet biasanya menjadi ukuran bersih tidaknya suatu lingkungan sekolah. Kalau toiletnya bersih, biasanya bagian lain dari sekolah juga akan bersih, asri dan tertata dengan baik.

Penjelasan:

Semoga membantu

Penjelasan:

Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert

Jawaban =

1. Membersihkan mainan yang terbuat dari plastik, logam, dan karet

Jika mainan anak terbuat dari bahan yang tidak mudah rusak dan tidak menyerap air seperti plastik, logam dan karet, Anda dapat menggunakan larutan desinfektan untuk membunuh berbagai kuman yang menempel pada mainan.

2. Membersihkan mainan yang terbuat dari balok kayu

Mainan-mainan yang terbuat dari kayu tidak boleh tenggelam dalam cairan, tetapi Anda bisa menyekanya dengan tisu atau semprotan berbasis alkohol. Biarkan permukaan mengering sepenuhnya setelah menyekanya.

3. Membersihkan buku dan mainan kertas

Anda tidak dapat mencuci kertas karena akan mudah basah dan rusak. Namun, Anda dapat melakukan berbagai langkah untuk mengurangi risiko paparan kuman dari buku. Pastikan buku yang ada di ruangan adalah buku yang masih bermanfaat dan sering digunakan.

Semoga membantu


8. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan sekolah ?


Jawaban:

Agar sekolah terlihat bersih, siswa dapat berperan dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan

Penjelasan:

maaf kalo salah

Jawaban:

Peran Siswa dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Agar sekolah terlihat bersih, siswa dapat berperan dalam

menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan cara tidak membuang

sampah sembarangan, selain itu siswa juga bisa memungut sampah yang

berserakan dan membuangnya pada tempat sampah yang telah tersedia

agar tidak ada sampah yang berserakandi lingkungan sekolah.

Serta siswa diharapkan tidak mencoret-coret tembaok dan

bangku yang merupakan sarana pembelajaran, dengan begitu, bangku

dan tembok akan tetap terlihat bersih tanpa adanya coretan-coretan yang

dibuat oleh siswa dan siswi.


9. 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah


Jawaban:

1. jangan buang sampah sembarangan

2. membuang sampah dikelas pada tempatnya

3. merawat tanaman disekitar sekolah

4. menjalankan piket kelas dengan tekun

5. lakukan pembersihan genangan disekitaran sekolah agar terbebas dari nyamuk dan penyakitnya

Penjelasan:


10. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah !


Jawaban:

mengerjakan piket setiap hari danjika ada sampah buang di tempatnya jangan mencore coret tembok atau pun meja

Penjelasan:

harus menjaga kebersihan sekolah


11. 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert


Jawaban:

jangan lupa kebersihan lingkunga sekolah


12. Susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah !


Jawaban:

1.bergotong royong membersihkan kan lapangan

2.menyapu kelas

3.bergotong royong membersihkan toilet

4.memotong tumbuhan yang mengganggu

5.membersikan kelas

Jawaban:

Menerapkan dan mematuhi jadwal piket.

Membuang sampah pada tempatnya.

Memisahkan sampah organik dan an-organik.

Daur ulang sampah.

Membuat denda bagi yang buang sampah sembarangan.

Meningkatkan Kesadaran diri.

Nasihat dan ancaman dari guru.

Mengutip sampah daun di pekarangan sekolah.

Menyiram toilet setelah digunakan.

Rutin mengadakan lomba kelas terbersih dan terkotor.

semoga bermanfaat ya kak:)

BY=> @MLIZA 5233


13. Pada tema lingkungan dan manfaatnya, guru akan menilai karakter dan sikap dalam menjaga kebersihan lingkungan dari peserta didiknya. Guru merencanakan membuat pedoman penilaian untuk menilai sikap peserta didik dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. Susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah !


Pada tema lingkungan dan manfaatnya, guru akan menilai karakter dan sikap dalam menjaga kebersihan lingkungan dari peserta didiknya. Guru merencanakan membuat pedoman penilaian untuk menilai sikap peserta didik dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah antara lain sebagai berikut:

Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.Membuang sampah pada tempatnya.Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengurangi penggunaan plastik.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.

Pembahasan:

Manusia hidup dalam suatu lingkungan tertentu. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik merupakan suatu komponen yang berasal dari makhluk hidup sedangkan komponen abiotik merupakan komponen yang berupa benda mati. Contoh komponen biotik yaitu pohon dan hewan sedangkan komponen abiotik contohnya yaitu air, tanah, dan udara. Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah antara lain sebagai berikut:

Mengadakan piket kelas untuk menjaga kebersihan kelas.Membuang sampah pada tempatnya.Menyediakan tempat sampah di sekolah.Mengurangi penggunaan plastik.Mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian lingkungan biotik brainly.co.id/tugas/15586630Materi tentang pengertian lingkungan brainly.co.id/tugas/131073Materi tentang pengertian lingkungan abiotik brainly.co.id/tugas/2568562

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPA

Bab: Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

Kode: 7.4.8

#AyoBelajar

#SPJ2


14. Susunlah 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan sekolah menjadi skala bertingkat


[tex]{ \huge{ \tt{ \red{ jawaban}}}}[/tex]

[tex]{ \boxed{ \tt{ \red{ pembahasan}}}}[/tex]

Saling mengingatkan

Jadi ada semacam swakontrol, saling mengawasi dan mengingatkan di antara sesama teman.

Memberi contoh

Para ibu dan bapak guru harus bisa memberi contoh untuk peduli pada kebersihan lingkungan sekolah, misal dengan kesediaan untuk memungut sampah yang tercecer.

Kegiatan bersama

Ajak anak-anak untuk bersama-sama membersihkan ruangan kelas. Anak-anak dapat dibagi menjadi beberapa kelo mpok, dan tiap kelompok bertanggung jawab membersihkan bagian tertentu dari isi kelas.

Kebersihan toilet.

Toilet biasanya menjadi ukuran bersih tidaknya suatu lingkungan sekolah.

[tex]{ \huge{ \tt{ \red{penjelasan}}}}[/tex]

[tex]{ \boxed{ \tt{ \red{semoga \: membantu}}}}[/tex]


15. Apa 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah ?


Jawaban: 1 buanjakkakkakkakak

Penjelasan: jajjajjajajaj


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Aspek Pengamatan Perilaku Menjaga Kebersihan Lingkungan Di Sekolah"