Sumber Kedaulatan Negara Adalah Ilmu Pengetahuan Merupakan Pendapat
1. Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara disebut…. A. bilateral B. regional C. nasional D. international E. multilateral 2. Landasan idiil bagi politik luar negeri Indonesia adalah…. A. Pancasila B. UUD 195 C. GBHN D. Tap MPR E. Keppres 3. Berikut ini yang bukan tujuan dari politik luar negeri Indonesia adalah…. A. mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai, saling menghormati dan menghargai kedaulatan setiap negara B. menciptakan pergaulan internasional yang tertib tanpa adanya pertikaian perang maupun penjajahan dari satu negara ke negara lain C. menghilangkan kesenjangan ekonomi, sosial, dan politik antarnegara di dunia D. melakukan ekspansi ke negara lain untuk memperluas wilayah jajahan E. memperkuat sendi-sendi hukum internasional dan berpartisipasi aktif dalam organisasi international untuk mewujudkan perdamaian dunia yang abadi 4. Berikut ini tugas dari perwakilan diplomatik permanen, kecuali…. A. mewakili negara pengirim di negara penerima B. melindungi kepentingan negara pengirim dan warga negaranya di negara penerima, dalam batas-batas yang diperkenankan hukum internasional C. melakukan negosiasi dengan pemerintah negara penerima D. dengan smua cara mengikuti benar-benar keadaan dan perkembangan yang terjadi di negara penerima, dan melaporkannya kepada pemerintah negara penerima E. meningkatkan hubungan bersahabat antara negara penerima dan negara pengirim, serta mengembangkan hubungan ekonomi, kebudayaan dan ilmu pengetahuan 5. Salah satu manfaat kerja sama dan hubungan internasional adalah…. A. memelihara dan menciptakan hidup berdampingan secara damai dan adil B. mudah untuk mendapatkan pinjaman dari negara lain C. menjadi bagian dari negara-negara maju D. dapat melakukan intervensi ke negara lain E. dapat membentuk blok raksasa dunia 6. Tokoh pendiri ASEAN yang berasal dari negara Indonesia adalah …. A. Moh. Yamin B. Moh. Hatta C. Adam Malik D. Ali Alatas E. Sukarno 7. Berikut adalah negara-negara yang memiliki hak veto dalam Dewan Keamanan PBB, kecuali …. a. China b. Prancis c. Jerman d. Inggris e. Amerika Serikat 8. Kesepakatan antara dua atau lebih subjek hukum internasional yang menurut hukum internasional menimbulkan hak dan kewajiban bagi para pihak yang membuat kesepakatan disebut …. a. perjanjian internasional b. doktrin c. pakta d. kebiasaan internasional e. prinsip-prinsip umum 9. Pembedaan perjanjian internasional atas perjanjian bilateral dan multilateral berdasarkan …. a. objeknya b. cara berlakunya c. strukturnya d. jumlah peserta e. instrumennya 10. Berikut yang bukan termasuk aturan-aturan yang menjadi dasar proses persidangan Mahkamah Internasional adalah …. a. piagam PBB 1945 b. statuta Mahkamah Internasional c. konvensi Wina tahun 1963 d. Aturan Mahkamah 1970 e. panduan praktik I-IX 11. Alasan utama pandangan bahwa hukum nasional lebih utama dari hukum internasional adalah …. a. hukum nasional bersumber pada kemauan negara b. hukum internasional lebih bersumber pada kemauan bersama masyarakat negara c. kedua perangkat hukum, yakni hukum nasional dan hukum Internasional mempunyai sumber yang berlainan d. dasar hukum internasional yang mengatur hubungan internasional terletak dalam wewenang negara untuk mengadakan perjanjian internasional e. bahwa ada suatu organisasi di atas negara-negara yang mengatur kehidupan negara-negara di dunia 12. Tahap pertama dalam proses perjanjian baik bilateral maupun multilateral adalah …. a. persetujuan kepala negara b. penunjukan wakil c. pengesahan d. penandatanganan e. perundingan 13. Manfaat kerja sama ASEAN bagi Indonesia di bidang ekonomi adalah …. a. memudahkan Indonesia dalam mencari pinjaman b. menciptakan stabilitas kawasan Asia Tenggara berdasarkan persahabatan c. menjadikan Indonesia sebagai negara penentu di kawasan Asia Tenggara d. menjalin dan meningkatkan ketahanan dan keamanan nasional e. membantu dan memperlancar proses pembangunan nasional 14. Berikut ini adalah peranan hukum internasional dalam menyelesaikan perselisihan antarnegara secara damai, kecuali …. a. penyelesaian lewat pengadilan b. mengusahakan perundingan c. menawarkan jasa-jasa baik d. melalui perantara e.melakukan tindakan militer 15. UNESCO merupakan salah satu badan khusus PBB yang mempunyai fungsi untuk …. a. meningkatkan upah buruh sedunia b. meningkatkan sarana telekomunikasi c. menaikkan taraf hidup rakyat d. meningkatkan bahan makanan pokok e. meningkatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan 16. Pihak yang dapat mengajukan perkara ke Mahkamah Internasional adalah …. a. masyarakat internasional b. badan hukum internasional c. organisasi internasional d. bangsa e. negara 17. Hukum Internasional yang berlaku dalam suatu wilayah tertentu dan mengikat negara di wilayah tersebut disebut …. a. hukum dunia b. hukum antarnegara c. hukum nasional d. hukum regional e. hukum wilayah
1. 1. Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara disebut…. A. bilateral B. regional C. nasional D. international E. multilateral 2. Landasan idiil bagi politik luar negeri Indonesia adalah…. A. Pancasila B. UUD 195 C. GBHN D. Tap MPR E. Keppres 3. Berikut ini yang bukan tujuan dari politik luar negeri Indonesia adalah…. A. mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai, saling menghormati dan menghargai kedaulatan setiap negara B. menciptakan pergaulan internasional yang tertib tanpa adanya pertikaian perang maupun penjajahan dari satu negara ke negara lain C. menghilangkan kesenjangan ekonomi, sosial, dan politik antarnegara di dunia D. melakukan ekspansi ke negara lain untuk memperluas wilayah jajahan E. memperkuat sendi-sendi hukum internasional dan berpartisipasi aktif dalam organisasi international untuk mewujudkan perdamaian dunia yang abadi 4. Berikut ini tugas dari perwakilan diplomatik permanen, kecuali…. A. mewakili negara pengirim di negara penerima B. melindungi kepentingan negara pengirim dan warga negaranya di negara penerima, dalam batas-batas yang diperkenankan hukum internasional C. melakukan negosiasi dengan pemerintah negara penerima D. dengan smua cara mengikuti benar-benar keadaan dan perkembangan yang terjadi di negara penerima, dan melaporkannya kepada pemerintah negara penerima E. meningkatkan hubungan bersahabat antara negara penerima dan negara pengirim, serta mengembangkan hubungan ekonomi, kebudayaan dan ilmu pengetahuan 5. Salah satu manfaat kerja sama dan hubungan internasional adalah…. A. memelihara dan menciptakan hidup berdampingan secara damai dan adil B. mudah untuk mendapatkan pinjaman dari negara lain C. menjadi bagian dari negara-negara maju D. dapat melakukan intervensi ke negara lain E. dapat membentuk blok raksasa dunia 6. Tokoh pendiri ASEAN yang berasal dari negara Indonesia adalah …. A. Moh. Yamin B. Moh. Hatta C. Adam Malik D. Ali Alatas E. Sukarno 7. Berikut adalah negara-negara yang memiliki hak veto dalam Dewan Keamanan PBB, kecuali …. a. China b. Prancis c. Jerman d. Inggris e. Amerika Serikat 8. Kesepakatan antara dua atau lebih subjek hukum internasional yang menurut hukum internasional menimbulkan hak dan kewajiban bagi para pihak yang membuat kesepakatan disebut …. a. perjanjian internasional b. doktrin c. pakta d. kebiasaan internasional e. prinsip-prinsip umum 9. Pembedaan perjanjian internasional atas perjanjian bilateral dan multilateral berdasarkan …. a. objeknya b. cara berlakunya c. strukturnya d. jumlah peserta e. instrumennya 10. Berikut yang bukan termasuk aturan-aturan yang menjadi dasar proses persidangan Mahkamah Internasional adalah …. a. piagam PBB 1945 b. statuta Mahkamah Internasional c. konvensi Wina tahun 1963 d. Aturan Mahkamah 1970 e. panduan praktik I-IX 11. Alasan utama pandangan bahwa hukum nasional lebih utama dari hukum internasional adalah …. a. hukum nasional bersumber pada kemauan negara b. hukum internasional lebih bersumber pada kemauan bersama masyarakat negara c. kedua perangkat hukum, yakni hukum nasional dan hukum Internasional mempunyai sumber yang berlainan d. dasar hukum internasional yang mengatur hubungan internasional terletak dalam wewenang negara untuk mengadakan perjanjian internasional e. bahwa ada suatu organisasi di atas negara-negara yang mengatur kehidupan negara-negara di dunia 12. Tahap pertama dalam proses perjanjian baik bilateral maupun multilateral adalah …. a. persetujuan kepala negara b. penunjukan wakil c. pengesahan d. penandatanganan e. perundingan 13. Manfaat kerja sama ASEAN bagi Indonesia di bidang ekonomi adalah …. a. memudahkan Indonesia dalam mencari pinjaman b. menciptakan stabilitas kawasan Asia Tenggara berdasarkan persahabatan c. menjadikan Indonesia sebagai negara penentu di kawasan Asia Tenggara d. menjalin dan meningkatkan ketahanan dan keamanan nasional e. membantu dan memperlancar proses pembangunan nasional 14. Berikut ini adalah peranan hukum internasional dalam menyelesaikan perselisihan antarnegara secara damai, kecuali …. a. penyelesaian lewat pengadilan b. mengusahakan perundingan c. menawarkan jasa-jasa baik d. melalui perantara e.melakukan tindakan militer 15. UNESCO merupakan salah satu badan khusus PBB yang mempunyai fungsi untuk …. a. meningkatkan upah buruh sedunia b. meningkatkan sarana telekomunikasi c. menaikkan taraf hidup rakyat d. meningkatkan bahan makanan pokok e. meningkatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan 16. Pihak yang dapat mengajukan perkara ke Mahkamah Internasional adalah …. a. masyarakat internasional b. badan hukum internasional c. organisasi internasional d. bangsa e. negara 17. Hukum Internasional yang berlaku dalam suatu wilayah tertentu dan mengikat negara di wilayah tersebut disebut …. a. hukum dunia b. hukum antarnegara c. hukum nasional d. hukum regional e. hukum wilayah
Jawaban:
1. A. bilateral
3. D. melakukan ekspansi ke negara lain untuk memperluas wilayah jajahan
6. C. Adam Malik
14. e.melakukan tindakan militer ( maaf kalo salah)
15. c. menaikkan taraf hidup rakyat ( maaf kalo salah)
2. sumber kedaulatan negara adalah ilmu pengetahuan, merupakan pendapat?
Jawaban:
Aristoteles
Penjelasan:
Jawaban:
Aristoteles
Penjelasan:
semoga membantu
3. 1. Perjanjian internasional yang dilakukan oleh dua negara disebut…. A. bilateral B. regional C. nasional D. international E. multilateral 2. Landasan idiil bagi politik luar negeri Indonesia adalah…. A. Pancasila B. UUD 195 C. GBHN D. Tap MPR E. Keppres 3. Berikut ini yang bukan tujuan dari politik luar negeri Indonesia adalah…. A. mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai, saling menghormati dan menghargai kedaulatan setiap negara B. menciptakan pergaulan internasional yang tertib tanpa adanya pertikaian perang maupun penjajahan dari satu negara ke negara lain C. menghilangkan kesenjangan ekonomi, sosial, dan politik antarnegara di dunia D. melakukan ekspansi ke negara lain untuk memperluas wilayah jajahan E. memperkuat sendi-sendi hukum internasional dan berpartisipasi aktif dalam organisasi international untuk mewujudkan perdamaian dunia yang abadi 4. Berikut ini tugas dari perwakilan diplomatik permanen, kecuali…. A. mewakili negara pengirim di negara penerima B. melindungi kepentingan negara pengirim dan warga negaranya di negara penerima, dalam batas-batas yang diperkenankan hukum internasional C. melakukan negosiasi dengan pemerintah negara penerima D. dengan smua cara mengikuti benar-benar keadaan dan perkembangan yang terjadi di negara penerima, dan melaporkannya kepada pemerintah negara penerima E. meningkatkan hubungan bersahabat antara negara penerima dan negara pengirim, serta mengembangkan hubungan ekonomi, kebudayaan dan ilmu pengetahuan 5. Salah satu manfaat kerja sama dan hubungan internasional adalah…. A. memelihara dan menciptakan hidup berdampingan secara damai dan adil B. mudah untuk mendapatkan pinjaman dari negara lain C. menjadi bagian dari negara-negara maju D. dapat melakukan intervensi ke negara lain E. dapat membentuk blok raksasa dunia 6. Tokoh pendiri ASEAN yang berasal dari negara Indonesia adalah …. A. Moh. Yamin B. Moh. Hatta C. Adam Malik D. Ali Alatas E. Sukarno 7. Berikut adalah negara-negara yang memiliki hak veto dalam Dewan Keamanan PBB, kecuali …. a. China b. Prancis c. Jerman d. Inggris e. Amerika Serikat 8. Kesepakatan antara dua atau lebih subjek hukum internasional yang menurut hukum internasional menimbulkan hak dan kewajiban bagi para pihak yang membuat kesepakatan disebut …. a. perjanjian internasional b. doktrin c. pakta d. kebiasaan internasional e. prinsip-prinsip umum 9. Pembedaan perjanjian internasional atas perjanjian bilateral dan multilateral berdasarkan …. a. objeknya b. cara berlakunya c. strukturnya d. jumlah peserta e. instrumennya 10. Berikut yang bukan termasuk aturan-aturan yang menjadi dasar proses persidangan Mahkamah Internasional adalah …. a. piagam PBB 1945 b. statuta Mahkamah Internasional c. konvensi Wina tahun 1963 d. Aturan Mahkamah 1970 e. panduan praktik I-IX 11. Alasan utama pandangan bahwa hukum nasional lebih utama dari hukum internasional adalah …. a. hukum nasional bersumber pada kemauan negara b. hukum internasional lebih bersumber pada kemauan bersama masyarakat negara c. kedua perangkat hukum, yakni hukum nasional dan hukum Internasional mempunyai sumber yang berlainan d. dasar hukum internasional yang mengatur hubungan internasional terletak dalam wewenang negara untuk mengadakan perjanjian internasional e. bahwa ada suatu organisasi di atas negara-negara yang mengatur kehidupan negara-negara di dunia 12. Tahap pertama dalam proses perjanjian baik bilateral maupun multilateral adalah …. a. persetujuan kepala negara b. penunjukan wakil c. pengesahan d. penandatanganan e. perundingan 13. Manfaat kerja sama ASEAN bagi Indonesia di bidang ekonomi adalah …. a. memudahkan Indonesia dalam mencari pinjaman b. menciptakan stabilitas kawasan Asia Tenggara berdasarkan persahabatan c. menjadikan Indonesia sebagai negara penentu di kawasan Asia Tenggara d. menjalin dan meningkatkan ketahanan dan keamanan nasional e. membantu dan memperlancar proses pembangunan nasional 14. Berikut ini adalah peranan hukum internasional dalam menyelesaikan perselisihan antarnegara secara damai, kecuali …. a. penyelesaian lewat pengadilan b. mengusahakan perundingan c. menawarkan jasa-jasa baik d. melalui perantara e.melakukan tindakan militer 15. UNESCO merupakan salah satu badan khusus PBB yang mempunyai fungsi untuk …. a. meningkatkan upah buruh sedunia b. meningkatkan sarana telekomunikasi c. menaikkan taraf hidup rakyat d. meningkatkan bahan makanan pokok e. meningkatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan 16. Pihak yang dapat mengajukan perkara ke Mahkamah Internasional adalah …. a. masyarakat internasional b. badan hukum internasional c. organisasi internasional d. bangsa e. negara
Jawaban:
1. a
2.a atau b
3.
4.
5. a.
6. c
7.
8.
9.
10.
11.
12. a
13.d
14.d
15.e
16. c
Penjelasan:
wkkw sorry kalau slah dan tidak membantu :)
4. 4.(1) Ilmu pengetahuan memegang peranan dalam segala hal, termasuk dalam kehidupanberbangsa dan bernegara. (2) Dengan ilmu pengetahuan, sebuah bangsa bisa meraihkedaulatannya, termasuk dalam mengelola sumber daya alam. (3) Jika memiliki ilmupengetahuan, kita tidak akan mengalami kesulitan dalam mengelola kekayaan alam. (4)Melalui ilmu pengetahuan juga, tenaga kerja dengan keterampilan yang memadai dapatmenjadi tuan di tanah airnya sendiri. (5) Kita harus tetap mampu bersaing di tengah serbuantenaga asing yang datang ke Indonesia dengan tetap berpegang teguh pada nilai – nilaiPancasila.Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor....A (1)C (3)B. (2)D. (4)
Jawaban:
A. 1
Penjelasan:
Dimana-mana kalimat utama itu ada di kalimat yg pertama
Soryy banget ya kalau salah
5. 4.(1) Ilmu pengetahuan memegang peranan dalam segala hal, termasuk dalam kehidupanberbangsa dan bernegara. (2) Dengan ilmu pengetahuan, sebuah bangsa bisa meraihkedaulatannya, termasuk dalam mengelola sumber daya alam. (3) Jika memiliki ilmupengetahuan, kita tidak akan mengalami kesulitan dalam mengelola kekayaan alam. (4)Melalui ilmu pengetahuan juga, tenaga kerja dengan keterampilan yang memadai dapatmenjadi tuan di tanah airnya sendiri. (5) Kita harus tetap mampu bersaing di tengah serbuantenaga asing yang datang ke Indonesia dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilaiPancasilaKalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor....A. (1)B. (2)C. (3)D. (4)
Jawaban:
A. (1)
Penjelasan:
maaf kalo benar>~<
6. Sumber kedaulatan negara adalah ilmu pengetahuan, merupakan pendapat .... * A. Plato B. Aristoteles C. Jean Jacques Rousseau D. Jean Bodin
Jawaban:
b.aristoteles. semoga benar
7. sumber kedaulatan negara adalah ilmu pengetahuan, merupakan pendapat?...
Jawaban:
Pandangan Plato
Penjelasan:
semoga membantu
Jawaban :
Aristoteles
Pengertian:
Aristoteles mengegaskan bahwa hukum sebagai sumber kekuasaan itu bukan hanya memiliki kedaulatan dan kewibawaan yang tertinggi tetapi juga harus menjadi dasar dan landasan kehidupan bernegara, baik bagi yang memerintah maupun diperintah sehingga kedua belah pihak sama-sama memiliki kedudukan hukum.
8. Sumber kedaulatan negara adalah ilmu pengetahuan , merupakan pendapat.......
Pendapat yang menyatakan bahwa sumber kedaulatan negara ialah ilmu adalah merupakan pendapat Plato. Sebab baginya ilmu pengetahuanlah yang dapat membimbing seseorang yang memegang pemerintahan dengan benar.
Pembahasan:
Kekuasaannegarayangtertinggidisebut dengan kata kedaulatan.Kedaulatanberasal dari bahasa Inggris sovereignity yang berarti kekuasaan tertinggi.
Berkenaan dengan sumber kekuasaan negara para pemikir negara telah memperbincangkannya sejak lama hingga menemukan kata kedaulatan.
Berikut kekuasaan negara menurut ahli :
Sumber Kekuasaan Negara Menurut PlatoDalam pemikiran Plato bahwa sumber kekuasaan negara bukanlah pangkat, kedudukan, ataupun jabatan, apalagi dewa atau apapun yanh dianggap ilahi. Namun menurut Plato sendiri bahwa sumber kekuasaan tertinggi ialah ilmu pengetahuan.
Plato kemudian membagi kekuasaan menjadi dua yaitu sebagai berikut.
Kedaulatan ke dalam : Yaitu berupa kekuasaan untuk mengatur segala sesuatu yang ada dalam wilayah suatu negaranya.Kedaulatankeluar:Yaitu berupa kekuasaan negara untuk berhubungan dengan negara lain.SumberKekuasaanNegaraMenurutAristotelesBerbeda pandangan dengan gurunya (Plato), Aristoteles menganggap bahwa kekuasaan negara tertinggi ialah hukum.
Pelajarilebihlanjut
Materi tentang sumber kekuasaan negara menurut Aristoteles https://brainly.co.id/tugas/42280024Materi tentang hukum tertinggi di Indonesia https://brainly.co.id/tugas/2899334.Materi tentang kedaulatan dalam negeri https://brainly.co.id/tugas/2314151Detailjawaban
Kelas : 8
Mapel : PPKN
Bab : Bab 5 - Kedaulatan Rakyat dalam Sistem Pemerintahan Indonesia
Kode : 8.9.5
#TingkatkanPrestasimu #SPJ3
9. Ulangan Setengah Semester1. Bidang yang sangat erat hubungannya dengan ideologi negara adalah.....a. politik b. ekonomic. sosial budaya d. pertahanan dan keamanan 2. Sekumpulan konsep bersistem yang dijadikan dasar, memberikan arah, dan tujuan untukkelangsungan hidup suatu bangsa disebut....a. ideologi b. idealisme c. nasionalisme d. patriotisme 3. Dalam paham liberalisme tujuan pemerintahan adalah untuk.....a. melindungi kebebasan individu b. mencapai kemakmuran bangsa c. mendapatkan pengakuan dari negara lain d. mewujudkan stabilitas negara 4. Kelahiran sosialisme erat kaitannya dengan perkembangan......a. paham demokrasi di Perancis b. ilmu pengetahuan di Rusia c. penanian di Benua Amerika d. industri di Eropa 5. Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung suatu cita-cita yang hendak dicapai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bemegara. Hal ini adalah makna dari dimensi.... a. fleksibilitas b. universal c. nasional d. idealisme 6. Pancasila merangkum nilai-nilai yang sama yang terkandung dalam adat istiadat, kebudayaan, dan agama-agama yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia Pancasila..... a. mencerminkan jiwa dan kepribadian bangsa b.menjadi sumber dari segala sumber hukum c. menjadi ideologi negara d. menjadi dasar berdirinya negara Indonesia 7. Wujud pelaksanaan Pancasila dalam negara yang mengakui berbagai macam agama ialah.... a. mengutamakan salah satu agama b. memberi kebebasan masyarakat memeIuk agama Iebih dari satu c. tidak memaksakan suatu agama terhadap orang lain d. Membiarkan masyarakat tidak memeluk salah satu agama 8. Dimensi yang memungkinkan barkembangnya pemikiran-pemikiran baru tentang ideologi tanpa menghilangkan hakikat yang terkandung di dalamnya disebut.....a. dimensi fleksibilitas b. dimensi idealisme c. dimensi realita d. dimensi psikologis 9. Sebagai wujud kesadaran bangsa Indonesia bahwa setiap manusia memiliki derajat yang sama, maka sikap yang dikembangkan ialah......a. mengeksploitasi kemiskinan untuk memperoleh bantuan internasional b. merasa puas berada sejajar dengan negara-negara berkembang c. menjalin kerja sama hanya dengan negara - negara maju d. menghormati dan bekerja sama dengan bangsa-bangsa Iain 10. Sikap positif terhadap persatuan Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat dapat ditunjukkan dengan.....a. membentuk perilaku manusia yang berakhlak mulia b. menghormati hak-hak orang Iain c. membentuk pribadi yang berbudi luhur dan berperilaku jujur d. merasa senasib dan seperjuangan 11.Jalur yang berperan menyediakan mimbar untuk membangun dialog antara berbagai elemen kehidupan bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat sehingga Pancasila tetap relevan bagi persoalan-persoalan yang dihadapinya adalah.... a. jalur sosialisasi b. jalur agama c. jalur media massa d. jalur pendidikan 12. Menurut UUD 1945 bentuk negara Indonesia adalah.... a. federal b. monarki c. serikatd. republik 13. Kepemimpinan negara yang diwariskan secara turun-temurun biasanya dipraktekkan dalam negara yang berbentuk.....a. demokrasi b. monarkic. mobokrasi d. aristokrasi 14. Perbedaan sistem parlementer dengan presidensial dalam pemerintahan demokrasi terletak pada......a. pertanggungjawaban menteri-menterinya b. kekuasaan kepala pemerintahannya c. kekuasaan menteri-menterinya d. bentuk dan tujuan negaranya 15. Menurut ketentuan UUDS 1950, yang memegang kedaulatan rakyat adalah.......a. MPR b. presiden c. pemerintah dan DPR d. DPR 16. Berikut ini merupakan bentuk-bentuk penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Lama. kecuali.... a. MPR mengangkat Ir. Suerkarno sebagai presiden seumur hidup b. Presiden membubarkan DPR c. Presiden memegang jabatan selama masa Iima tahun d. Pimpinan lembaga tinggi dan tertinggi negara diangkat sebagai menteri negara 17. Amandemen Pertama terhadap Undang - Undang Dasar 1945 ditujukan untuk mengurangi kewenangan presiden. Hal ini karena sebelum era reformasi kekuasaan presiden....... a. cenderung kurang bekerjasama dengan lembaga-lembaga negara Iain b. adanya dominasi kekuasaan eksekutif yang mengarah kepada otoriter c. pertanggungjawaban presiden sulit dipelajari oleh lembaga negara lain d. MPR tidak dapat mengevaluasi kinerja presiden dengan efektif 18. Setelah amandemen UUD 1945, MPR bukan lagi sebagai lembaga tertinggi negara melainkan berkedudukan sebagai....... a. lembaga independen b. lembaga tinggi negara c. lembaga nonpemerintah d. lembaga perwakilan rakyat 19. Dalam ketatanegaraan Indonesia setelah adanya amandemen UUD 1945, maka sejak 10 Agustus 2002 mengalami perubahan sebagai berikut, kecuali......a. MPR bukan lagi pemegang kedaulatan di Indonesia b. MPR merupakan lembaga tertinggi negara RI c. MPR, DPR, dan Presiden dipilih Iangsung oleh rakyat d. utusan golongan, TNl / Polri dihapus dari MPRTolong dibantu pr. besok nih ya please
1.a.
2. a
3. a.
4.a
5.d.
6.a
7.c
8.b
9.d
maaf kalau salah itu aja yang saya tau
10. Ulangan Setengah Semester1. Bidang yang sangat erat hubungannya dengan ideologi negara adalah.....a. politik b. ekonomic. sosial budaya d. pertahanan dan keamanan 2. Sekumpulan konsep bersistem yang dijadikan dasar, memberikan arah, dan tujuan untukkelangsungan hidup suatu bangsa disebut....a. ideologi b. idealisme c. nasionalisme d. patriotisme 3. Dalam paham liberalisme tujuan pemerintahan adalah untuk.....a. melindungi kebebasan individu b. mencapai kemakmuran bangsa c. mendapatkan pengakuan dari negara lain d. mewujudkan stabilitas negara 4. Kelahiran sosialisme erat kaitannya dengan perkembangan......a. paham demokrasi di Perancis b. ilmu pengetahuan di Rusia c. penanian di Benua Amerika d. industri di Eropa 5. Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung suatu cita-cita yang hendak dicapai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bemegara. Hal ini adalah makna dari dimensi.... a. fleksibilitas b. universal c. nasional d. idealisme 6. Pancasila merangkum nilai-nilai yang sama yang terkandung dalam adat istiadat, kebudayaan, dan agama-agama yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia Pancasila..... a. mencerminkan jiwa dan kepribadian bangsa b.menjadi sumber dari segala sumber hukum c. menjadi ideologi negara d. menjadi dasar berdirinya negara Indonesia 7. Wujud pelaksanaan Pancasila dalam negara yang mengakui berbagai macam agama ialah.... a. mengutamakan salah satu agama b. memberi kebebasan masyarakat memeIuk agama Iebih dari satu c. tidak memaksakan suatu agama terhadap orang lain d. Membiarkan masyarakat tidak memeluk salah satu agama 8. Dimensi yang memungkinkan barkembangnya pemikiran-pemikiran baru tentang ideologi tanpa menghilangkan hakikat yang terkandung di dalamnya disebut.....a. dimensi fleksibilitas b. dimensi idealisme c. dimensi realita d. dimensi psikologis 9. Sebagai wujud kesadaran bangsa Indonesia bahwa setiap manusia memiliki derajat yang sama, maka sikap yang dikembangkan ialah......a. mengeksploitasi kemiskinan untuk memperoleh bantuan internasional b. merasa puas berada sejajar dengan negara-negara berkembang c. menjalin kerja sama hanya dengan negara - negara maju d. menghormati dan bekerja sama dengan bangsa-bangsa Iain 10. Sikap positif terhadap persatuan Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat dapat ditunjukkan dengan.....a. membentuk perilaku manusia yang berakhlak mulia b. menghormati hak-hak orang Iain c. membentuk pribadi yang berbudi luhur dan berperilaku jujur d. merasa senasib dan seperjuangan 11.Jalur yang berperan menyediakan mimbar untuk membangun dialog antara berbagai elemen kehidupan bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat sehingga Pancasila tetap relevan bagi persoalan-persoalan yang dihadapinya adalah.... a. jalur sosialisasi b. jalur agama c. jalur media massa d. jalur pendidikan 12. Menurut UUD 1945 bentuk negara Indonesia adalah.... a. federal b. monarki c. serikatd. republik 13. Kepemimpinan negara yang diwariskan secara turun-temurun biasanya dipraktekkan dalam negara yang berbentuk.....a. demokrasi b. monarkic. mobokrasi d. aristokrasi 14. Perbedaan sistem parlementer dengan presidensial dalam pemerintahan demokrasi terletak pada......a. pertanggungjawaban menteri-menterinya b. kekuasaan kepala pemerintahannya c. kekuasaan menteri-menterinya d. bentuk dan tujuan negaranya 15. Menurut ketentuan UUDS 1950, yang memegang kedaulatan rakyat adalah.......a. MPR b. presiden c. pemerintah dan DPR d. DPR 16. Berikut ini merupakan bentuk-bentuk penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Lama. kecuali.... a. MPR mengangkat Ir. Suerkarno sebagai presiden seumur hidup b. Presiden membubarkan DPR c. Presiden memegang jabatan selama masa Iima tahun d. Pimpinan lembaga tinggi dan tertinggi negara diangkat sebagai menteri negara 17. Amandemen Pertama terhadap Undang - Undang Dasar 1945 ditujukan untuk mengurangi kewenangan presiden. Hal ini karena sebelum era reformasi kekuasaan presiden....... a. cenderung kurang bekerjasama dengan lembaga-lembaga negara Iain b. adanya dominasi kekuasaan eksekutif yang mengarah kepada otoriter c. pertanggungjawaban presiden sulit dipelajari oleh lembaga negara lain d. MPR tidak dapat mengevaluasi kinerja presiden dengan efektif 18. Setelah amandemen UUD 1945, MPR bukan lagi sebagai lembaga tertinggi negara melainkan berkedudukan sebagai....... a. lembaga independen b. lembaga tinggi negara c. lembaga nonpemerintah d. lembaga perwakilan rakyat 19. Dalam ketatanegaraan Indonesia setelah adanya amandemen UUD 1945, maka sejak 10 Agustus 2002 mengalami perubahan sebagai berikut, kecuali......a. MPR bukan lagi pemegang kedaulatan di Indonesia b. MPR merupakan lembaga tertinggi negara RI c. MPR, DPR, dan Presiden dipilih Iangsung oleh rakyat d. utusan golongan, TNl / Polri dihapus dari MPRTolong dibantu pr. besok nih ya please
Saya bantu jawab ya
1. a.politik
2. a,ideologi
3. a.
4.a
5.d.
6.a
7.c
8.b
9.d
10.
12.d
13.b
18.d
maaf kalau salah
11. Sumber kedaulatan negara adalah ilmu pengetahuan, merupakan pendapat ....
Jawaban:
Pandangan Plato yang menyatakan sumber kekuasaan berasal dari ilmu pengetahuan yang berbeda dengan Aristoteles yang mendasarkan pada hukum
12. Selain sebagai Negara kepulauan, Indonesia disebut juga sebagai Negara …. *A. MaritimB. KepulauanC. PegununganD. PersatuanNegara Indonesia memiliki banyak gunung merapi yang aktif, hal tersebut berdasarkan letak …. *A. AstronomisB. HorizontalC. GeografisD. GeologisBentuk perdagangan pada masa prasejarah adalah.... *A. kreditB. barterC. MerampokD. menggunakan uangZaman prasejarah setelah masa berburu dan mengumpulkan makanan adalah … *A. masa perundagianB. masa bercocok tanamC. masa sejarahD. masa Hindu-BudhaJika pada masa Hindu-Budha yang memerintah kerajaan disebut dengan Raja, maka pada masa Islam yang memerintah kerajaan disebut dengan.... *A. RatuB. SultanC. LeluhurD. PendetaTerdapat banyak peninggalan-peninggal pada masa pemerintahan bercorak Islam. Berikut salah satu peninggalan masyarakat maritim pada masa Islam …. *A. punden berundakB. candi prambananC. candi borobudurD. masjid Agung DemakBatas laut teritorial merupakan wilayah kedaulatan laut suatu negara yang meliputi ruang, udara, tanah dan laut yang di ukur dari area laut sepanjang …. *A. 120 milB. 200 milC. 3 milD. 12 milSumber daya alam laut merupakan kekayaan aalam yang harus dilestarikan. Berikut ini yang bukan termasuk kekayaan sumber daya alam laut adalah…. *A. perikananB. terumbu karangC. hutan mangroveD. ikan air tawarDari gambar berikut, merupakan contoh dari potensi …. *gambar pohon bakauA. mangroveB. terumbu karangC. rumput lautD. penangkapan ikanLaut Indonesia memiliki berbagai jenis biota laut, diantaranya yaitu ikan laut. Jenis ikan laut yang dapat dikonsumsi adalah... *A. tuna, lele, nilaB. tuna, salmon, leleC. tuna, salmon, tongkolD. lele, nila, masHewan / biota laut yang ukurannya sangat kecil melayang-layang di atas permukaan air laut dan hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikrosoft adalah… *A. BentosB. NektonC. MelataD. PlanktonHewan laut mamalia yaitu termasuk jenis hewan laut yang menyusui. Berikut ini jenis hewan laut yang mempunyai ciri-ciri menyusui adalah…. *A. Lumba-lumbaB. UdangC. PenyuD. Ular lautFauna / hewan laut terdapat tiga golongan diantaranya hewan laut avertebrata. Berikut yang termasuk contoh hewan avertebrata adalah … *A. IkanB. PenyuC. Cumi-cumiD. PausSelain fauna di lautterdapat flora / tumbuhan laut diantaranya yaitu rumput laut. Rumput laut banyak mengandung sumber … *A. ProteinB. MineralC. VitaminD. KarbohidratHutan di Indonesia yaitu termasuk hutan yang memiliki curah hujannya sangat tinggi. Hutan yang termasuk curah hujannya sangat tinggi disebut dengan hutan…. *A. LindungB. LiarC. MusimD. Hujan tropisHutan mangrove memiliki banyak manfaat dari mulai akar sampai daunnya. Berikut ini yang termasuk manfaat dari hutan mangrove adalah… *A. sebagai tempat hidup berbagai jenis ikanB. pelindung bagi pantai dari erosi dan abrasiC. sebagai pembuatan obat tradisionalD. penyedia bahan makanan bagi biota lautPengembangan dan penggunaan alat, mesin, bahan atau proses untuk menolong manusia menyelesaikan masalahnya adalah pengertian dari… *A. IlmuB. PengetahuanC. TeknologiD. Ilmu pengetahuanBerikut yang tidak termasuk ke dalam alat bantu untuk mempermudah ilmu pengetahuan dan teknologi di laut adalah … *A. DiagramB. PetaC. Foto Clouse UpD. TabelKemajuan teknologi diawali oleh penemuan mesin uap pada tahun 1770. Penemu mesin uap adalah …. *A. Baron DraleB. James WattC. ColumbusD. James BoneBerikut yang tidak termasuk keunggulan ilmu pengetahuan dan teknologi masa sekarang yaitu …. *A. mempunyai kecepatang yang sangat tinggiB. memiliki bentuk, model dan warna yang bagusC. teknologinya sangat canggihD. mengemudikannya menggunakan dayung
Jawaban:
1.a
saya cuma bisa jawab 1.maaf ya heeheh
Jawaban:
a. maritim
a. astronomis
b. barter
c. masa sejarah
b. sultan
c. candi Borobudur
---
c. hutan mangrove
b. terumbu karang
a. tuna lele nila
c. melata
a. lumba lumba
c. cumi-cumi
d. karbohidrat
a. lindung
b.
c. teknologi
a. diagram
b. James watt
c.
semoga membantu
13. (1) Ilmu pengetahuan memegang peranan dalam segala hal, termasuk kehidupan berbangsa dan bernegara. (2) Dengan ilmu pengetahuan, sebuah bangsa bisa meraih kedaulatannya, termasuk dalam mengelola sumber daya alam. (3) Jika memiliki ilmu pengetahuan, kita tidak akan mengalami kesulitan dalam mengelola kekayaan alam. (4) Melalui ilmu pengetahuan juga, tenaga kerja dengan keterampilan yang memadai dapat menjadi tuan di tanah airnya sendiri. (5) Kita harus tetap mampu bersaing di tengah serbuan tenaga asing yang datang ke Indonesia dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor… A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) E. (5)
Jawaban:A.1
Maaf ya kalo salah.
14. (1) ilmu pengetahuan memegang peranan dalam segala hal, termasuk kehidupan berbangsa dan bernegara. (2) dengan ilmu pengetahuan, sebuah bangsa bisa meraih kedaulatannya, termasuk dalam mengelola sumber daya alam. (3) jika memiliki ilmu pengetahuan, kita tidak akan mengalami kesulitan dalam mengelola kekayaan alam. (4) melalui ilmu pengetahuan juga, tenaga kerja dengan keterampilan yang memadai dapat menjadi tuan di tanah airnya sendiri. (5) kita harus tetap mampu bersaing di tengah serbuan tenaga asing yang datang ke indonesia dengan tetap perpegang teguh pada nilai-nilai pancasila. kalimat utama pararaf tersebut terdapat pada kalimat nomor
Jawaban:
(1) ilmu pengetahuan memegang peranan dalam segala hal, termasuk kehidupan berbangsa dan bernegara.
(2) dengan ilmu pengetahuan, sebuah bangsa bisa meraih kedaulatannya, termasuk dalam mengelola sumber daya alam.
(3) jika memiliki ilmu pengetahuan, kita tidak akan mengalami kesulitan dalam mengelola kekayaan alam.
(4) melalui ilmu pengetahuan juga, tenaga kerja dengan keterampilan yang memadai dapat menjadi tuan di tanah airnya sendiri.
(5) kita harus tetap mampu bersaing di tengah serbuan tenaga asing yang datang ke indonesia dengan tetap perpegang teguh pada nilai-nilai pancasila. kalimat utama pararaf tersebut terdapat pada kalimat nomor
jawabannya adalah
(1) ilmu pengetahuan memegang peranan dalam segala hal, termasuk kehidupan berbangsa dan bernegara.
semoga bermanfaat^^
Posting Komentar untuk "Sumber Kedaulatan Negara Adalah Ilmu Pengetahuan Merupakan Pendapat"